Pilihan

Wamenag: Posisi Hilal Masuk Kriteria MABIMS, Lebaran Diprediksi Besok - Beritasatu

 

Wamenag: Posisi Hilal Masuk Kriteria MABIMS, Lebaran Diprediksi Besok

Selasa, 9 April 2024 | 15:43 WIB
MH
MP
H
Wakil Menteri Agama (Wamenag) Saiful Rahmat Dasuki
Wakil Menteri Agama (Wamenag) Saiful Rahmat Dasuki (Istimewa)

Jakarta, Beritasatu.com - Wakil Menteri Agama (Wamenag) Saiful Rahmat Dasuki menyampaikan, posisi hilal saat ini sudah memasuki kriteria MABIMS (Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura).

"Berdasarkan kondisi ijtimak yang jatuh pada hari ini, kondisi ketinggian hilal berkisar antara 4 derajat 52,7 menit sampai dengan 7 derajat 37,8 menit dan elongasi ini berkisar pada 8 derajat 23, 68 menit sampai 10 derajat 12,94 menit," kata Saiful, di Jakarta, Selasa (9/4/2024).

Saiful memprediksi, tanggal 1 Syawal 1445 Hijriah akan jatuh pada esok hari, Rabu, 10 April 2024.

BACA JUGA

"Jadi diprediksi kita akan menyelenggarakan salat Idulfitri pada besok, 10 April 2024 bertepatan dengan 1 Syawal 1445 Hijriah. Tentunya nanti kita akan konfirmasi lagi dalam sidang isbat yang akan kita selenggarakan pada sore hari nanti," jelas dia.

Saiful menjelaskan, penetapan Idulfitri masih akan dilakukan Selasa malam. Namun, persiapan salat ied di Masjid Istiqlal telah dilakukan. 

BACA JUGA

"Kita sudah mempersiapkan penyelenggaraan salat Idulfitri di Masjid Istiqlal yang insyaallah akan dihadiri Presiden Joko Widodo beserta ibu, Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin beserta ibu, dan juga pejabat tinggi negara lainnya beserta dengan para duta besar negara sahabat," ungkapnya. 

Komentar

Baca Juga

Opsi Media Informasi Group

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek