Pilihan

#NewsFlash: Prediksi Euro: Spanyol vs Jerman 5 Juli 2024 - Bola.net - Google Berita

Sandiaga: Pesawat Kosong Jemaah Haji Bisa Bawa Turis Arab ke Indonesia - CIndonesia

 

Sandiaga: Pesawat Kosong Jemaah Haji Bisa Bawa Turis Arab ke Indonesia
tim

Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno berharap kunjungan turis asal Arab Saudi meningkat ke tanah air. Dia bermimpi pesawat jemaah haji yang kosong saat pulang ke Indonesia bisa diisi turis-turis dari Arab Saudi.

Menurut Sandiaga, dalam hal jumlah kedatangan ke Arab Saudi, turis asal Indonesia menduduki peringkat pertama alias yang terbanyak. Dia juga ingin sebaliknya, turis asal Arab Saudi lebih banyak yang berkunjung ke Indonesia.

"1,3 jutaan untuk umrah dan haji. Tapi umrah ini yang diklasifikasikan sebagai wisata religi dan sedang membangun destinasi baru seperti Al Ula, Thaif, Neom, dan sebagainya. Yang tertinggi setelah Indonesia itu adalah Bangladesh, Pakistan, dan India," ungkap Sandiaga Uno kepada wartawan, Senin (6/5).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kemenparekraf menargetkan bisa mengajak wisatawan Arab Saudi lebih banyak untuk datang ke Indonesia. Menurut Sandiaga, jumlah kunjungan turis Saudi belum mencapai angka sebelum pandemi yaitu sekitar 100 ribu orang.

Bahkan, apabila dibandingkan dengan jumlah wisatawan Indonesia yang ke Arab Saudi, angka kunjungan sebaliknya menurut catatan adalah 10 kali lebih kecil.

Melihat hal ini, Sandiaga mendapat ide agar bagaimana caranya kunjungan turis asal Arab Saudi meningkat dengan memanfaatkan kursi kosong setelah mengangkut jemaah haji RI ke tanah suci.

Politisi PPP ini mengaku telah menghubungi maskapai untuk memberikan penawaran terbaik kepada turis asal Arab Saudi agar tertarik ke Indonesia dengan pesawat jemaah haji tersebut.

"Jadi PR ini salah satunya kita sedang upayakan agar kursi-kursi pesawat yang kosong setelah angkut jemaah haji ini bisa diisi wisatawan Arab Saudi," jelasnya.

Menurut Sandiaga, selama ini pesawat yang membawa jemaah haji kosong ketika kembali ke Indonesia. Demi meningkatkan kembali angka kunjungan turis Arab Saudi seperti sebelum pandemi, dia menilai ada baiknya dimanfaatkan.

"Ini sedang kita lobi baik Garuda maupun Saudia agar ini bisa diisi dengan paket-paket yang menarik bagi wisatawan dari Arab Saudi yang menyukai wisata alam, pantai, gunung, dan juga wisata-wisata berkaitan dengan alam," bebernya.

Kemenparekraf juga melirik potensi kerja sama suvenir untuk meningkatkan UMKM dari Indonesia, mengingat sangat gemarnya jemaah haji dan umrah asal Indonesia untuk berbelanja di Arab Saudi.

"Yang kedua, kita juga lagi memastikan bahwa yang berangkat ke Saudi ini ekosistem ekonomi kreatif bisa kita maksimalkan untuk para pelaku ekraf kita," tuturnya.

Sandiaga menyebut mengenal hal ini, dia sudah mendapat lampu hijau dari Arab Saudi, sehingga terbuka potensi untuk bekerja sama.

"Karena ada total Rp 60 triliun lebih yang dihabiskan wisatawan kita yang umrah atau berkegiatan wisata di sana, pulang tidak mungkin tidak membawa makanan, baju-baju, dan suvenir," katanya.

(wiw/wiw)

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek