NASA Akui Roket Boeing Dibuat Pekerja Tak Berpengalaman
Sabtu, 10 Agustus 2024 - 07:45 WIB
A A A
WASHINGTON - Inspektur jenderal NASA mengeluarkan laporan mengejutkan tentang divisi roket Boeing. NASA menyatakan pesawat antariksa generasi berikutnya dari raksasa kedirgantaraan itu terlambat beberapa tahun dari jadwal, jauh melebihi anggaran, dan dibuat oleh "teknisi yang tidak berpengalaman" yang dipimpin manajer yang tidak efektif.
Dalam pengembangan sejak 2014, varian Blok 1B dari Sistem Peluncuran Luar Angkasa NASA awalnya dijadwalkan untuk lepas landas sebagai bagian dari misi lintas bulan Artemis II tahun depan.
Debut roket tersebut sejak itu telah diundur ke misi pendaratan bulan Artemis IV tahun 2028, yang menurut Kantor Inspektur Jenderal NASA pada Kamis (8/8/2024) dapat ditunda lebih lama lagi.
“Boeing, yang dikontrak pada tahun 2014 untuk membangun bagian atas roket yang kuat, sebagian harus disalahkan atas keterlambatan ini,” ungkap inspektur jenderal NASA.
Inspektur NASA yang mengunjungi Fasilitas Perakitan Michoud Boeing di Louisiana menemukan "kekurangan kualitas" yang mencolok, menurut laporan itu.
Para inspektur mengeluarkan 71 Permintaan Tindakan Perbaikan untuk memperbaiki kekurangan ini, yang mereka catat sebagai "jumlah yang tinggi...untuk sistem penerbangan antariksa pada tahap pengembangan ini."
Kekurangan ini "sebagian besar disebabkan oleh kurangnya jumlah pekerja kedirgantaraan yang terlatih dan berpengalaman di Boeing," lanjut laporan itu, mengutip satu contoh bagaimana "teknisi yang tidak berpengalaman" perusahaan itu tidak dapat mengelas tangki bahan bakar sesuai dengan standar NASA.
Pengelasan yang buruk ini secara langsung menyebabkan penundaan selama tujuh bulan dalam pengembangan tahap atas roket.
"Proses Boeing untuk mengatasi kekurangan hingga saat ini tidak efektif, dan perusahaan secara umum tidak responsif dalam mengambil tindakan perbaikan ketika masalah kontrol kualitas yang sama terulang kembali," laporan itu menyatakan.
Boeing awalnya berjanji mengirimkan tahap atas pada Februari 2021, dan sekarang bersikeras itu akan siap pada April 2027.
Biaya telah melonjak sementara itu, dengan NASA memperkirakan tahap tersebut akan menelan biaya USD2,8 miliar pada tahun 2028, lebih dari dua kali lipat perkiraan Boeing tahun 2017 sebesar USD962 juta.
Kantor inspektur jenderal merekomendasikan agar Boeing didenda karena "tidak mematuhi standar kendali mutu."
Namun, deputi administrator asosiasi NASA, Catherine Koerner, mengumumkan pada Kamis bahwa perusahaan tidak akan dihukum.
Dengan divisi penerbangannya yang sudah terhuyung-huyung setelah panel pintu meledak dari salah satu pesawat 737 MAX 9 di udara pada bulan Januari, Boeing kembali menjadi berita utama pada bulan Juni ketika pesawat ruang angkasa Starlinernya tidak berfungsi, meninggalkan dua astronot terdampar di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).
Para astronot tersebut awalnya direncanakan akan tinggal di ISS selama sepekan, tetapi NASA mengumumkan pada Rabu bahwa mereka mungkin akan terdampar di luar angkasa hingga tahun 2025, ketika wahana Crew Dragon milik SpaceX dijadwalkan untuk menurunkan kru astronot baru.
Dalam pengembangan sejak 2014, varian Blok 1B dari Sistem Peluncuran Luar Angkasa NASA awalnya dijadwalkan untuk lepas landas sebagai bagian dari misi lintas bulan Artemis II tahun depan.
Debut roket tersebut sejak itu telah diundur ke misi pendaratan bulan Artemis IV tahun 2028, yang menurut Kantor Inspektur Jenderal NASA pada Kamis (8/8/2024) dapat ditunda lebih lama lagi.
“Boeing, yang dikontrak pada tahun 2014 untuk membangun bagian atas roket yang kuat, sebagian harus disalahkan atas keterlambatan ini,” ungkap inspektur jenderal NASA.
Inspektur NASA yang mengunjungi Fasilitas Perakitan Michoud Boeing di Louisiana menemukan "kekurangan kualitas" yang mencolok, menurut laporan itu.
Para inspektur mengeluarkan 71 Permintaan Tindakan Perbaikan untuk memperbaiki kekurangan ini, yang mereka catat sebagai "jumlah yang tinggi...untuk sistem penerbangan antariksa pada tahap pengembangan ini."
Kekurangan ini "sebagian besar disebabkan oleh kurangnya jumlah pekerja kedirgantaraan yang terlatih dan berpengalaman di Boeing," lanjut laporan itu, mengutip satu contoh bagaimana "teknisi yang tidak berpengalaman" perusahaan itu tidak dapat mengelas tangki bahan bakar sesuai dengan standar NASA.
Pengelasan yang buruk ini secara langsung menyebabkan penundaan selama tujuh bulan dalam pengembangan tahap atas roket.
"Proses Boeing untuk mengatasi kekurangan hingga saat ini tidak efektif, dan perusahaan secara umum tidak responsif dalam mengambil tindakan perbaikan ketika masalah kontrol kualitas yang sama terulang kembali," laporan itu menyatakan.
Boeing awalnya berjanji mengirimkan tahap atas pada Februari 2021, dan sekarang bersikeras itu akan siap pada April 2027.
Biaya telah melonjak sementara itu, dengan NASA memperkirakan tahap tersebut akan menelan biaya USD2,8 miliar pada tahun 2028, lebih dari dua kali lipat perkiraan Boeing tahun 2017 sebesar USD962 juta.
Kantor inspektur jenderal merekomendasikan agar Boeing didenda karena "tidak mematuhi standar kendali mutu."
Namun, deputi administrator asosiasi NASA, Catherine Koerner, mengumumkan pada Kamis bahwa perusahaan tidak akan dihukum.
Dengan divisi penerbangannya yang sudah terhuyung-huyung setelah panel pintu meledak dari salah satu pesawat 737 MAX 9 di udara pada bulan Januari, Boeing kembali menjadi berita utama pada bulan Juni ketika pesawat ruang angkasa Starlinernya tidak berfungsi, meninggalkan dua astronot terdampar di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).
Para astronot tersebut awalnya direncanakan akan tinggal di ISS selama sepekan, tetapi NASA mengumumkan pada Rabu bahwa mereka mungkin akan terdampar di luar angkasa hingga tahun 2025, ketika wahana Crew Dragon milik SpaceX dijadwalkan untuk menurunkan kru astronot baru.
Baca Juga
Komentar
Posting Komentar