Jet Tempur Israel Menari-nari di Langit Negara Arab, Serangan Iran Jadi Babak Baru - inews

 

Jet Tempur Israel Menari-nari di Langit Negara Arab, Serangan Iran Jadi Babak Baru

JAKARTA, iNews.id - Serangan Iran ke Israel pada Selasa (1/10/2024) malam lalu merupakan babak baru. Iran meluncurkan hampir 200 rudal ke Israel pada malam hari, mengincar target militer seperti pangkalan udara dan markas Mossad.

Duta Besar (Dubes) RI untuk Lebanon Hajriyanto Thohari mengatakan serangan Iran tersebut merupakan babak baru. Selama ini Israel menyerang berbagai wilayah di kawasan, termasuk ke Gaza, dengan leluasa tanpa perlawanan berarti. Oleh karena itu serangan Iran tersebut seperti ingin menunjukkan kalau Israel jangan manca-macam.

"Bahkan boleh dikatakan, secara dramatis, pesawat-pesawat tempur Israel yang berjoget-joget di langit negara-negara Arab sekitarnya itu, hampir tidak ada sama sekali serangan atau tembakan ke arah pesawat-pesawat tempur tersebut," kata Hajriyanto.

Dia menambahkan, Israel begitu leluasa menyerang negara-negara tetangga, dari mulai Gaza, Lebanon, Suriah, hingga Yaman.

"Boleh dikatakan, Israel menari-menari di atas ketdakberdayaan negara-negara Arab yang lain di sekitarnya," ujarnya.

Jika Israel menyerang balik Iran hingga terjadi perang jarak jauh, kata Hajriyanto, maka itu bisa menjadi awal dari perang besar di Timur Tengah.

Baca Juga

Komentar

Informasi Pilihan Terkini