KAI Logistik Catat Pengiriman 89.000 Ekor Hewan Peliharaan hingga Juli 2025 | SINDONEWS
KAI Logistik Catat Pengiriman 89.000 Ekor Hewan Peliharaan hingga Juli 2025 | Halaman Lengkap
Makin mudah baca berita nasional dan internasional.
Selasa, 26 Agustus 2025 - 13:39 WIB
KAI Logistik melaporkan pengiriman hewan peliharaan hingga Juli 2025. FOTO/dok.SindoNews
- PT Kereta Api Logistik (KAI Logistik) mencatat pengiriman lebih dari 89.000 ekor hewan peliharaan hingga Juli 2025. Capaian ini mencerminkan meningkatnya kebutuhan masyarakat atas layanan logistik yang adaptif, sekaligus memperkuat posisi KAI Logistik sebagai penyedia layanan yang inklusif dan responsif terhadap gaya hidup modern.
Manager Public Relations KAI Logistik, Adjeng Putri Adhatu, mengatakan mayoritas pengiriman didominasi kucing.
"KAI Logistik berupaya hadir di tengah komunitas, tidak hanya sebagai penyedia layanan logistik, tetapi juga sebagai bagian dari ekosistem kehidupan masyarakat," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (26/8).
Baca Juga: KAI Tolak Usulan DPR yang Minta Gerbong Khusus Merokok, Ini Alasannya
Adjeng menambahkan, tren kepemilikan hewan peliharaan yang terus meningkat di Indonesia menjadikan layanan pengiriman hewan sebagai kebutuhan penting. Layanan ini bukan hanya menunjang mobilitas masyarakat, tetapi juga membuka akses bagi mereka yang berada di kota kecil untuk membawa hewan peliharaannya mendapatkan perawatan atau pelatihan di kota besar.
"Layanan ini turut mendorong perputaran ekonomi, khususnya bagi komunitas breeder maupun pelaku adopsi hewan," katanya.
Pernyataan tersebut disampaikan dalam acara Cat Lovers Gathering bertajuk "Paw on Track: Where Every Pawsenger Matters" di Jakarta, Minggu (24/8). Dalam acara tersebut menghadirkan edukasi bersama dokter hewan dan praktisi animal welfare Satu Peta Anabul, yang memberikan pemahaman mengenai kesehatan, perawatan, serta peran komunitas dalam menjaga kesejahteraan hewan, termasuk hewan terlantar.

Acara tersebut turut dimeriahkan oleh kehadiran pet influencers Kiwi British Cat dan Soya British Cat, serta beragam aktivitas interaktif seperti sharing session, kompetisi kucing, dan konsultasi kesehatan hewan.
KAI Logistik menegaskan layanan pengiriman hewan peliharaan melalui KALOG Express dilakukan dengan standar keamanan dan profesionalisme tinggi, dengan memperhatikan kesejahteraan hewan selama perjalanan. Hewan dikirim menggunakan kandang sesuai standar, dilengkapi pakan dan minum, serta diawasi oleh petugas. Layanan ini juga dilengkapi fitur realtime tracking sehingga pemilik dapat memantau posisi hewan peliharaan mereka secara langsung.
"Layanan ini kami desain agar aman dan nyaman, sehingga pelanggan merasa tenang saat hewan peliharaannya dikirim ke tujuan," ujar Adjeng.
Baca Juga: Permintaan Tinggi, Layanan Pengiriman Berpendingin KAI Logistik Capai 173.484 Ton
Melalui langkah ini, KAI Logistik menegaskan komitmennya dalam membangun ekosistem logistik yang inklusif dan berkelanjutan, sekaligus memberikan manfaat bagi masyarakat luas dan berbagai pemangku kepentingan.
"Kegiatan ini menjadi bukti nyata upaya KAI Logistik mendukung kebutuhan masyarakat sekaligus memperkuat peran perusahaan dalam ekosistem logistik nasional yang adaptif dan berorientasi pada pelayanan terbaik," pungkas Adjeng.
(nng)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com,
Klik Disiniuntuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Lanjut Baca Berita Terkait Lainnya
Infografis

Head to Head Indonesia vs Vietnam Jelang Final AFF U-23 2025