5 Produk Pindad Mendunia, Nomor 3 Senjata Sniper Mampu Tembus Baja Setebal 10 Mm - inews

5 Produk Pindad Mendunia, Nomor 3 Senjata Sniper Mampu Tembus Baja Setebal 10 Mm

Produk pindad mendunia, salah satunya SPR-2 kal. 12.7 mm. (Foto: Pindad)

PALANGKA RAYA, iNews.id –  Produk Pindad mendunia menarik untuk diketahui apa saja. PT Pindad (Persero) merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dalam produksi peralatan militer. 

Perusahaan ini memiliki dua pabrik yang berada di Bandung dan Turen. PT Pindad (Persero) yang merupakan anak usaha Len Industri itu didirikan pada zaman Belanda, tepatnya 1808.

Pindad telah menghasilkan berbagai macam produk militer, senjata hingga kendaraan taktis (rantis) yang berkualitas dunia. PT Pindad selalu melakukan penelitian dan pengembangan produk terbaru untuk meningkatkan bisnis dan teknologi seiring perkembangan zaman. 

Berikut lima produk Pindad mendunia:

1. Senjata Api G2 premium kal. 9 mm

Merupakan produk Pindad mendunia pengembangan dari sisi desain dan frame yang berasal dari varian G2 lainnya. Karakter serta fitur pada G2 Premium sepenuhnya dikembangkan dari umpan balik para pengguna yang telah mengoperasikan varian G2 Combat dan Elite. 

G2 premium kal. 9 mm. (Foto: Pindad).G2 premium kal. 9 mm. (Foto: Pindad).

Senjata ini memiliki jarak tembak efektif sampai 25 meter dan diminati oleh Laos karena dianggap kualitas yang dijanjikan senjata ini cukup teruji. G2 Premium juga merupakan varian teratas dalam keluarga pistol G2.

2. Senjata api G2 Elite kal.9 mm

Hampir sama seperti G2 Premium, varian elite ini memiliki magazine yang mampu menampung 15 peluru. G2 Elite memiliki jangkauan yang efektif hingga 25 meter. 

G2 Elite kal.9 mm. (Foto: Pindad).G2 Elite kal.9 mm. (Foto: Pindad).

Produk Pindad tersebut banyak digunakan oleh negara Timur Tengah dan masuk ke dalam produk Pindad mendunia.

3. Senjata SPR-2 kal. 12.7 mm

Merupakan senapan antimaterial yang pelurunya mampu menembus hingga lapisan baja setebal 10 mm dari jarak tembak dua kilometer. Senjata api tipe penembak runduk (sniper) ini mampu menembakkan peluru dengan kecepatan sampai 900 meter/detik. 

Produk pindad mendunia, salah satunya SPR-2 kal. 12.7 mm. (Foto: Pindad)SPR-2 kal. 12.7 mm. (Foto: Pindad)

Jenis senjata SPR-2 ini banyak digunakan oleh pasukan elite dunia, seperti Black Arrow (Britania Raya), Hecate II (Prancis) dan Truvelo (Afrika Selatan).

4. Senjata api SS2-V4 kal. 5,56 mm

Senapan ini melahirkan banyak varian seperti SS2-V7 subsonic, SS2-V5, SS2-V4-HB, SS2-V2, SS2-V5, SS2-V1 HB, SS2-V2 HB dan SS2-V4. Selain itu, senjata ini juga memenangkan kompetisi di acara Australian Army Skill at Arms Meeting (AASAM) dan Asean Armies Rifle Meet (AARM) sebanyak 11 kali. 

Produk Pindad tersebut dilengkapi teropong ACOG yang membuat presisi tembakan senjata menjadi cukup baik. SS2-V4 banyak diminati di negara-negara Afrika, di antaranya Zimbabwe, Mozambik dan Nigeria. 

5. Kendaraan Taktis (Rantis)

Dilansir dari laman resmi Pindad, sedikitnya ada lebih dari 300 kendaraan tempur yang telah diproduksi dengan berbagai varian. Kendaraan-kendaraan tersebut juga pernah ikut dalam misi perdamaian dunia PBB di berbagai negara seperti Lebanon, Tengah, dan Sudan. 

Produk-produk kendaraan tempur yang dihasilkan, di antaranya Rantis 4x4 "Komodo" dan Panser 6x6 "Anoa". Produk penelitian dan pengembangan terbaru, yaitu produk Medium Tank "Harimau" yang bekerja sama dengan FNSS (Turki) serta didukung oleh Kementerian Pertahanan RI. 

Panser 6x6 Anoa. (Foto: TNI AD).Panser 6x6 Anoa. (Foto: TNI AD).

Produk ini dihargai kisaran 600-700 juta rupiah dan akan dipergunakan untuk mendistribusikan logistik Pemilu 2024 ke daerah-daerah terpencil. 

Itulah lima produk Pindad mendunia yang bikin bangga Indonesia dengan berbagai jenis peralatan militer.

Editor : Kurnia Illahi

Follow Berita iNewsKalteng di Google News

Bagikan Artikel:
line sharing button

Informasi lainnya dan terkini di https://opsimin.wordpress.com/
Opsi Media Informasi Group X Kamidi
[Category Opsiin, Media Informasi]
[Tags Pindad, Featured, PILIHAN]

Baca Juga

Komentar