Pilihan

#NewsFlash: Prediksi Euro: Spanyol vs Jerman 5 Juli 2024 - Bola.net - Google Berita

Awak Susi Air Disandera TPNPB-OPM di Nduga Papua, Ini Komentar Susi Pudjiastuti - Tempo

 

Awak Susi Air Disandera TPNPB-OPM di Nduga Papua, Ini Komentar Susi Pudjiastuti

S. Dian Andryanto

Jumat, 10 Februari 2023 11:44 WIB

TEMPO.COJakarta - Pesawat Susi Air milik Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti pada 7 Februari kemarin mengalami lost contact pukul 6.35 WIT di Bandara Paro ketika melaksanakan penerbangan rute Timika - Paro – Timika. Menanggapi hal ini melalui akun Twitter pribadinya Susi meminta doa agar pilot dan penumpang selamat.

"Mohon doakan dan dukungannya. Dengan segala kerendahan hati dan atas nama kemanusiaan ..Kami mohon keselamatan pilot & penumpang PK BVY." cuit Susi Pudjiastuti lewat akun Twitter-nya @susipudjiastuti, Selasa, 7 Februari 2023.

Baca Juga:

Sebelumnya diketahui bahwa pilot dan penumpang pesawat milik Susi Air itu disandera oleh Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) di Nduga, Papua. 

Harga-390rb-REMP-2

Mereka adalah Kapten Philip Marthens dan lima penumpang Susi Air yakni Demanus Gwijangge, Minda Gwijangge, Pelenus Gwijangge, Meita Gwijangge, dan Wetina W. Hingga saat ini keberadaan pilot masih belum bisa ditemukan sedangkan penumpang pesawat Susi Air PK-BVY berhasil dievakuasi.

Pesawat tersebut membawa lima penumpang dan barang bawaan dengan muatan 452 kilogram. Setelah dua jam mendarat di Bandara Paro, Nduga, Papua, tiba-tiba pesawat mengalami hilang kontak.

Kasus Serupa Dialami Susi Air Pada 2022

Baca Juga:

Ini bukan pertama kalinya pesawat Susi tertimpa musibah, sebelumnya pada 2022 pesawat maskapai milik Susi ini jatuh di Papua, saat itu tidak ada korban jiwa. Hal ini disampaikan Susi melalui akun Twitter peribadinya juga.

“Update info: Jam 09:00 Captain Pilot & Semua penumpang Selamat. Mohon doa semua proses evakuasi dari Lokasi bisa lancar dan mudah," cuit Susi melalui laman Twitter pribadinya, @susipudjiastutipada, Kamis pagi, 23 Juni 2022.

Pesawat jenis Pilatus Porter PC-6 dengan nomor penerbangan PK- BVM itu dikabarkan jatuh saat akan terbang dari Timika menuju Duma hari ini sekitar pukul 05.54 WIT.

Menurut data Basarnas pada saat itu, ada tujuh orang di dalam pesawat tersebut. Mereka antara lain bernama Captain Doyle Peter (pilot), Lukas Dimpau, Seru warkus Diabelu, Leo Pimpiau, Philipus Dimpau, Ficken Dimpau, dan Melina Dimpau.

Kepala Kantor SAR Timika, George L. Mercy Randang, mengatakan bahwa titik koordinat jatuhnya pesawat Susi Air. "Koordinat 04°02' 54.00"S / 136° 43' 0600E, jarak 38 miles, radius 343.81° dari Timika.

YOLANDA AGNE 

Ikuti berita terkini dari Tempo di Google News, klik di sini.

17 Perusahaan Besar Dunia yang Lakukan PHK Massal di 2023

5 menit lalu

Setidaknya ada 17 perusahaan skala global yang saat ini sudah atau akan melakukan pemutusan hubungan kerja atau PHK massal terhadap karyawannya.

Terpopuler Bisnis: Pemblokiran Akun Media Sosial Penjual Minyakita, Beras Bulog Diselundupkan ke Negara Tetangga

2 jam lalu

Berita ekonomi terpopuler tentang pemblokira akun media sosial yang menjual Minyakita dan penyelundupan beras Bulog ke negara tetangga.

Pesawatnya Dibajak dan Dibakar di Papua, Berapa Kerugian Susi Air?

11 jam lalu

Pesawat maskapai penerbangan Susi Air dibajak dan dibakar oleh Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) di Nduga, Papua. Berapa kerugian maskapai milik Susi Pudjiastuti itu?

Pesawat Susi Air Dibakar TPNPB-OPM, Begini Sejarah Susi Pudjiastuti Bangun Maskapai Itu

17 jam lalu

Maskapai penerbangan Susi Air didirikan Susi Pudjiastuti sejak 2004. Salah satu pesawatnya dibakar dan awaknya diculik TPNPB-OPM di Nduga Papua.

Soal Penyanderaan Pilot Susi Air di Papua, Pimpinan DPR: Sekarang Statusnya Darurat Sipil

17 jam lalu

Wakil Ketua DPR Lodewijk Paulus mengatakan saat ini Papua sedang darurat sipil. Gubernur harus bertanggung jawab soal penyanderaan pilot Susi Air.

Hukuman Roy Suryo dalam Perkara Meme Stupa Candi Borobudur Ditambah Denda Rp 150 Juta

20 jam lalu

Pengadilan Tinggi DKI Jakarta menambah hukuman untuk Roy Suryo dengan denda Rp 150 juta dalam perkara meme stupa Candi Borobudur.

Tiga Hari Berlalu, Bagaimana Nasib Pilot Susi Air?

1 hari lalu

Egianus Kogoya mengklaim pasukannya telah menyandera pilot pesawat Susi Air. Ada bantahan dari Panglima TNI.

Terpopuler: Bank CIMB Niaga Dibobol Mantan Pegawainya, Garuda Tebar Diskon hingga 78 Persen

1 hari lalu

Mantan Relationship Manager Bank CIMB Niaga, SAL, menipu sejumlah nasabah prioritas hingga total kerugian mencapai Rp 6,7 miliar.

Top 3 Dunia: AS Soal Penyanderaan Pilot Susi Air, SpaceX Larang Ukraina Pakai Starlink

1 hari lalu

Top 3 dunia adalah AS mengutuk penyanderaan pilot Susi Air, misinformasi perang Ukraina hingga SpaceX larang Ukraina pakai Starlink.

Ketua Komnas HAM Nilai Proses Pembuatan Jeda Kemanusiaan Langgar Etika

1 hari lalu

Perjanjian Jeda Kemanusiaan dibuat di akhir masa jabatan komisioner Komnas HAM periode 2017-2022.

[Category Opsiin, Media Informasi]

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek