Hadiri Festival Reba, Wagub NTT Apresiasi Peran Diaspora Lestarikan Budaya - inews

 

Hadiri Festival Reba, Wagub NTT Apresiasi Peran Diaspora Lestarikan Budaya

Minggu, 19 Februari 2023 | 10:16 WIB
Oleh: Maria Fatima Bona/ Helmut Timothy / FFS

Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur (Wagub NTT) Josef Nae Soi pada acara Festival Reba atau pesta adat masyarakat Ngada yang digelar di Anjungan Nusa Tenggara Timur (NTT) Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Sabtu, 18 Februari 2023.
Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur (Wagub NTT) Josef Nae Soi pada acara Festival Reba atau pesta adat masyarakat Ngada yang digelar di Anjungan Nusa Tenggara Timur (NTT) Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Sabtu, 18 Februari 2023. (Foto: Beritasatu.com/ Maria Fatima Bona)

Jakarta, Beritasatu.com - Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur atau Wagub NTT Josef Nae Soi mengapresiasi peran diaspora melestarikan budaya tradisional dengan rutin menyelenggarakan acara Festival Reba atau pesta adat masyarakat Ngada setiap tahun.

Advertisement

“Ini acara sangat luar biasa dan mewakili Pemerintah Provinsi NTT dan masyarakat NTT yang berada di Nusa Tenggara Timur memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada masyarakat NTT asli Ngada, diaspora di Jakarta dan Jabodetabek yang telah melakukan apa yang dinamakan dengan ekspresi budaya tradisional yaitu Reba. Saya memberikan apresiasi yang tinggi,” kata Josef pada acara Festival Reba atau pesta adat masyarakat Ngada yang digelar di Anjungan NTT Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Sabtu (18/2/2023).

Josef menjelaskan pesta adat Reba ini mempunyai nilai sangat tinggi karena mewujudkan ekspektasi dan imajinasi nilai-nilai budaya meliputi kepada Tuhan, arwah, alam, dan adat.

Dikatakannya NTT sangat kaya akan ekspresi budaya tradisional, bahkan setiap kabupaten memiliki kebudayan tradisional beragam. Oleh karena itu, masyarakat NTT termasuk diaspora harus mempopulerkan ekspresi budaya

Advertisement

“Mari kita rawat, mari kita lestarikan dan mari kita memanfaatkan ekspresi budaya tradisional ini bagi kesejahteraan rakyat,” ucapnya.

Sebagaimana diketahui lebih dari 2.000 masyarakat menghadiri acara Festival Reba Ngada yang diselenggarakan oleh Paguyuban Keluarga Besar Ngada Jakarta (PKBNJ) Kantor Penghubung Provinsi NTT.

Berdasarkan pantauan Beritasatu.com, perayaan Festival Reba Ngada ini diawali dengan misa inkulturasi yang dipimpin oleh Uskup Keuskupan Maumere Mgr Ewaldus Martinus Sedu. Kemudian dilanjutkan dengan ritual Reba.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

TAG: 


[Category Opsiin, Media Informasi]

Baca Juga

Komentar