Makoto Shinkai Ungkap Inspirasinya di Balik Film Suzume - Beritasatu

 

Makoto Shinkai Ungkap Inspirasinya di Balik Film Suzume

Selasa, 11 April 2023 | 12:25 WIB
Surya Lesmana / LES
Makoto Shinkai tiba di pemutaran perdana film animasi
Makoto Shinkai tiba di pemutaran perdana film animasi "Suzume" pada Senin, 3 April 2023, di The Academy Museum of Motion Pictures di Los Angeles. (AP)

New York, Beritasatu.com – Gempa dan tsunami Jepang 2011 telah mengubah pandangan kreator film animasi Suzume, Makoto Shinkai.

Ketika tsunami dan gempa melanda wilayah Tōhoku di Jepang utara dan memicu krisis nuklir, Makoto Shinkai, seorang sutradara dan animator berusia 50 tahun, merasakan perubahan dalam hidupnya.

“Yang mengejutkan saya adalah bahwa kehidupan sehari-hari yang sudah biasa kita lakukan di Jepang tiba-tiba terputus tanpa peringatan apa pun,” kata Makoto Shinkai.

“Saya memiliki firasat aneh bahwa hal itu bisa terjadi lagi dan lagi. Saya mulai berpikir tentang bagaimana saya ingin bercerita dalam realitas baru ini.”

Advertisement

Tiga film animasi blockbuster karyanya, “Your Name”, “Weathering With You” dan rilis baru “Suzume”, masing-masing memiliki kisah yang sangat emosional terkait dengan bencana ekologis.

Dalam “Your Name” digambarkan sebuah meteor mengancam untuk menghancurkan sebuah desa. Dalam “Weathering With You”, seorang remaja laki-laki yang melarikan diri berteman dengan seorang gadis Tokyo yang dapat mengendalikan cuaca, menimbulkan fluktuasi yang mencerminkan perubahan iklim.

Sedangkan “Suzume”, baru akan dibuka di bioskop-bioskop AS pada hari Jumat (14/4/2023) depan.

Film ini juga berbicara kembali ke gempa bumi tahun 2011.

“Suzume”, yang ibunya tewas dalam bencana, bertahun-tahun kemudian bertemu dengan seorang pemuda misterius yang bertanggung jawab untuk menutup portal, untuk menghindari keluarnya cacing raksasa penyebab bencana gempa.

Makoto Shinkai Ungkap Inspirasinya di Balik Film <em>Suzume</em>
Adegan film “Suzume”.

“Dengan tiga film ini, saya tidak bermaksud membuat film bencana. Saya ingin menceritakan kisah cinta, romansa, kedewasaan seorang gadis remaja, ”kata Makoto Shinkai dalam kunjungan ke New York.

“Saat saya terus membuat plot, gagasan tentang bencana terus merayap masuk. Tiba-tiba, saya merasa kehidupan sehari-hari saya dikelilingi oleh bencana. Ini seperti pintu yang terus terbuka.”

Makoto Shinkai telah muncul sebagai salah satu film bencana alam kontemporer yang paling imajinatif. Film-filmnya bukan hanya tentang selamat dari kiamat, tetapi hidup dengan ancaman yang ada di mana-mana. Dan itu membuatnya menjadi salah satu pengundian box-office terbesar dalam film.

Setelah dirilis pada tahun 2016, “Your Name” menjadi anime terlaris sepanjang masa, mengalahkan “Spirited Away” yang digarap Hayao Miyazaki dengan penjualan tiket hampir US$ 400 juta.

“Weathering With You” menghasilkan hampir US$ 200 juta.

Sebelum dibuka di Amerika Utara, “Suzume” telah melampaui US$ 200 juta, termasuk US$ 100 juta di Jepang dan hampir sama di Tiongkok.

Penghasilan ini bahkan dua kali lipat dari penjualan tiket “Ant-Man and the Wasp: Quantumania” di Tiongkok.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Bagikan
Terpopuler Text

Baca Juga

Komentar