Hasil Final Liga Champions 2023: Sejarah Baru Manchester City - Konteks

Hasil Final Liga Champions 2023: Sejarah Baru Manchester City

By Siap Bangun|Jun. 11th, 2023

Rodri merayakan golnya ke gawang Inter Milan untuk mengantar Manchester City memimpin 1-0 di final Liga Champions 2023. (Foto: Manchester City)

KONTEKS.CO.ID – Hasil final Liga Champions 2023 antara Manchester City Vs Inter Milan telah diketahui dan untuk ulasan pertandingannya bisa disimak di sini.

Hasil final Liga Champions 2023 antara Manchester City Vs Inter Milan berlangsung dari Stadion Olimpiade Ataturk, Istanbul, Turki, pada Minggu, 11 Juni 2023 dini hari hingga jelang pagi WIB.

Ini merupakan pertemuan pertama kedua kubu di arena Liga Champions. The Citizens – julukan Manchester City – menjejak laga final kedua mereka setelah 2020/2021 dan terutama adalah menciptakan sejarah treble winner.

Sedangkan I Nerazzurri – julukan Inter – mencari trofi keempat di ajang ini yang terakhir mereka raih pada musim 2009/2010 bersama Jose Mourinho.

Perubahan starting eleven

Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, tidak memasang Kyle Walker sejak awal, yang memang punggungnya dikabarkan memiliki masalah beberapa hari lalu.

Sementara pelatih Inter, Simone Inzaghi, memberikan kejutan dalam starting eleven di final. Meski sudah fit, Milan Skriniar ternyata tak dipasang sebagai starter.

Justru, Inzaghi memainkan Matteo Darmian sebagai bek tengah, menemani Francesco Acerbi dan Alessandro Bastoni, demi melapis Andre Onana.

Jalannya babak pertama

Sesuai prediksi, Manchester City menguasai lebih banyak bola ketimbang Inter Milan di babak pertama. Saat Inter kehilangan bola, City dengan cepat melakukan serangan dan mengancam.

Pada menit 26, Nicolo Barella berusaha memaksimalkan kesalahan Ederson Moraes. Namun, tembakan sang gelandang Italia masih jauh dari target.

Dua menit berselang, Manchester City punya peluang emas ketika Kevin De Bruyne memberi bola kepada Erling Haaland. Tetapi tembakan penyerang Norwegia tersebut masih mengarah ke Andre Onana.

Kevin De Bruyne sedih alami cedera di final Liga Champions 2023. (Foto: B/R Football)

Petaka buat Man City datang di menit 35, kala Kevin De Bruyne mengalami cedera. Pep Guardiola menariknya keluar lapangan untuk digantikan Phil Foden. Skor 0-0 mengiringi kedua kubu turun minum.

Jalannya babak kedua

Selepas dari ruang ganti, adalah Rodri yang memecah kebuntuan Man City pada menit 68. Dari sebuah bola muntah dari pemain Inter di kotak terlarang, Rodri muncul dari second line dan melakukan tembakan placing melewati barisan pertahan Inter dan bola dengan keras menggetarkan jala gawang Andre Onana. 1-0 utuk Manchester City.

Rodri merayakan golnya ke gawang Inter Milan untuk mengantar Manchester City memimpin 1-0 di final Liga Champions 2023. (Foto: B/R Football)

Sejurus kemudian, Inter bisa saja mencetak gol penyeimbang bila sundulan Federico Dimarco tidak membentur mistar gawang saat Ederson sudah kehilangan keseimbangan.

Sundulan Federico Dimarco membentur mistar gawang Manchester City di final Liga Champions 2023. (Foto: UEFA)

Sayangnya, reflek Romelu Lukaku kurang cepat saat bola memantul kepadanya yang akhirnya bisa dibuang para pemain City.

Keunggulan Man City pada menit 88 diselamatkan oleh Ederson yang mana ia masih bisa menepis sundulan Lukaku tepat di mulut gawang.

Manchester City juara Liga Champions 2023 sekaligus mencatat sejarah baru, merebut gelar perdana Liga Champions dan treble.***

Susunan pemain Manchester City Vs Inter Milan

Manchester City (3-2-4-1)

Ederson Moraes; Nathan Ake, Ruben Dias, Manuel Akanji; John Stones, Rodri; Bernardo Silva, Kevin De Bruyne, Ilkay Guendogan, Jack Grealish; Erling Haaland.

Inter Milan (3-5-2)

Andre Onana; Matteo Darmian, Francesco Acerbi, Alessandro Bastoni; Denzel Dumfries, Nicolo Barella, Marcelo Brozovic, Hakan Calhanoglu, Federico Dimarco; Lautaro Martinez, Edin Dzeko.

Wasit: Szymon Marciniak (Polandia)


Baca berita pilihan konteks.co.id lainnya di "Google News"


Baca Juga

Komentar