Pilihan

3 Jenderal Berpotensi Gantikan KSAD Dudung yang Segera Pensiun, Ada Mantan Perisai Hidup Jokowi - inews

 

3 Jenderal Berpotensi Gantikan KSAD Dudung yang Segera Pensiun, Ada Mantan Perisai Hidup Jokowi

KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman akan memasuki masa pensiun dalam empat bulan ke depan, tepatnya 19 November 2023.
KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman akan memasuki masa pensiun dalam empat bulan ke depan, tepatnya 19 November 2023.

JAKARTA, iNews.id - Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSADJenderal TNI Dudung Abdurachman akan memasuki masa pensiun dalam empat bulan ke depan, tepatnya 19 November 2023. Ada 3 jenderal yang berpotensi menjadi KSAD berikutnya.

Kepala Center for Intermestic and Diplomatic Engagement (CIDE) sekaligus pengamat militer, Anton Aliabbas menilai secara normatif semua perwira tinggi bintang tiga punya peluang untuk ditunjuk sebagai KSAD mendatang.

"Meski demikian, Jokowi kelihatannya akan meneruskan pakem memilih sosok yang pernah bekerja dengannya sebelum menjabat pos strategis," kata Anton, Selasa (25/7/2023).

Anton mengatakan ada tiga kandidat kuat perwira tinggi bintang tiga yang akan menggantikan Jenderal Dudung mengisi jabatan KSAD.

"Dari daftar pati berpangkat letnan jenderal, setidaknya ada tiga kandidat kuat. Mereka adalah Kepala BNPB Letjen Suharyanto (Akmil 1989), Pangkostrad Letjen Maruli Simanjuntak (Akmil 1992), dan Wakasad Letjen Agus Subiyanto (Akmil 1991)," katanya.

Editor : Rizal Bomantama

Follow Berita iNews di Google News

Dia pun menjelaskan latar belakang masing-masing kandidat tersebut.

"Suharyanto adalah mantan Sesmilpres, Maruli merupakan mantan Danpaspampres, dan Agus merupakan mantan Dan Grup A Paspampres serta Dandim 0735/Surakarta saat Jokowi menjadi Wali Kota Solo," ujarnya.

Menurut Anton, tiga sosok tersebut telah memiliki kualifikasi dan rekam jejak penugasan yang relatif seimbang. Menurutnya, faktor subjektivitas Jokowi akan lebih kuat menjadi pertimbangan dalam penunjukan sosok KSAD berikutnya.


Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek