Pilihan

Ini Profil Dirut Taspen yang Diduga Gelapkan Duit PNS Rp300 T - CNBC Indonesia

 

Ini Profil Dirut Taspen yang Diduga Gelapkan Duit PNS Rp300 T

fsd, CNBC Indonesia
Market
05 September 2023 13:55
Antonius NS Kosasih (Rengga Sancaya - detikFinance)
Foto: Antonius NS Kosasih (Rengga Sancaya - detikFinance)

Jakarta, CNBC Indonesia - Nama Direktur Utama (Dirut) PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Taspen) Antonius Nicholas Stephanus (ANS) Kosasih kembali ramai diperbincangkan setelah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membuka penyelidikan baru di Taspen.

Sebelumnya, ANS Kosasih telah menjadi perbincangan sejak tahun lalu ketika adanya tuduhan Kamaruddin Simanjuntak terhadap bos Taspen tersebut yang diduga mengelola dana Rp 300 triliun untuk modal kampanye Calon Presiden (Capres) di Pemilu 2024.

Kamaruddin yang juga pengacara dari Yosua Hutabarat atau Brigadir J dalam kasus pembunuhan yang dilakukan Mantan Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo saat ini telah ditetapkan sebagai tersangka kasus penyebaran hoaks setelah dilaporkan oleh kuasa hukum Dirut Taspen ANS Kosasih ke Polres Metro Jakarta pusat.

Pihak ANS Kosasih menampik tuduhan penggelapan dana tersebut.

"Mengenai tudingan adanya pengelolaan dana Rp 300 triliun untuk capres itu kan nggak benar, kemudian yang kedua terkait cashback investasi dana Rp 300 triliun melalui wanita-wanita yang dinikahi juga itu tidak benar. terkait masalah pribadi, menuduh telantarkan anak, nggak bayar SPP itu juga nggak benar," kata kuasa hukum ANS Kosasih, Duke Arie Widagdo, dikutip Detikcom.

Sosok Antonius Nicholas Stephanus (ANS) Kosasih

Saat ini posisi Direktur Utama PT Taspen (Persero) dijabat oleh Antonius NS Kosasih yang diangkat Kementerian BUMN menggantikan Iqbal Lantaro awal Januari 2020 lalu. Sebelum jabatannya dinaikkan pada pucuk tertinggi, ANS Kosasih sempat menduduki posisi direktur investasi di lembaga pengelola dana pensiun ASN tersebut.

Antonius NS Kosasih diketahui pernah menjabat PT Inhutani (Persero) dengan posisi sebagai CFO. Kemudian dipercaya menjadi Presiden Direktur merangkap Direktur SDM dan Umum PT Transportasi Jakarta (2014-2016).

Antonius kemudian menjabat Komisaris Utama PT WIKA Realty (2016 - 2017) dan Direktur Keuangan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (2016 - 2019).

Lahir di Jakarta 12 Juli 1970, Antonius merupakan jebolan Sarjana (S1) Ekonomi dari Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, 1992 dan Magister (S2) Manajemen Keuangan dan Investasi IPMI Jakarta, 2006.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek