Debat Capres: Soal Pengadaan Alutsista, Prabowo Siap Buka-bukaan - Beritasatu

 

Debat Capres: Soal Pengadaan Alutsista, Prabowo Siap Buka-bukaan

Minggu, 7 Januari 2024 | 22:51 WIB
TR
R
Capres nomor urut dua Prabowo Subianto menyampaikan pendapat saat adu gagasan dalam debat ketiga Pilpres 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu, 7 Januari 2024.
Capres nomor urut dua Prabowo Subianto menyampaikan pendapat saat adu gagasan dalam debat ketiga Pilpres 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu, 7 Januari 2024. (Berita Satu Photo/Joanito De Saojooao)

Jakarta, Beritasatu.com - Calon presiden (capres) nomor urut 2, Prabowo Subianto mengaku siap berbicara terbuka terkait pengadaan alat utama sistem senjata (alutsista) untuk pertahanan Indonesia. Hal itu diungkapkan Prabowo menanggapi pernyataan capres Anies Baswedan dalam debat capres, Minggu (7/1/2024).

ADVERTISEMENT

"Pak Anies, saya tidak bicara tertutup, saya bicara di depan Komisi I, semua partai yang mengusung Bapak hadir dan menyetujui yang saya ajukan. Saya mengundang kita bicara terbuka," kata Prabowo dalam debat capres.

Prabowo juga mengundang pihak lainnya, termasuk capres Ganjar Pranowo yang dalam debat itu juga turut mempertanyakan sejumlah kebijakan Prabowo sebagai menteri pertahanan.

BACA JUGA
ADVERTISEMENT

"Jadi bohong jika saya minta tertutup, saya terbuka," tambah Prabowo dalam debat capres.

Prabowo menegaskan yang diperhatikan dalam pembelian alutsista adalah masa pakainya, bukan status bekas atau baru. Prabowo juga menyebut ketika pemerintahan Soekarno, mayoritas menggunakan alutsista bekas.

"Saya ingatkan Bung Karno saat menghadapi Irian Barat seluruh alatnya bekas. Pesawat terbang, kapal selam, cruiser destroyer, semuanya bekas. Jadi kita masih banyak sampai sekarang pakai pesawat bekas. Banyak data tim bapak itu keliru," kata Prabowo.

Diketahui, tema debat ketiga Pilpres 2024 yang merupakan debat capres malam ini adalah pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik.

BACA JUGA

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan lima kali pelaksanaan debat capres dan cawapres pada Pilpres 2024, yang berlangsung selama masa kampanye Pemilu 2024 dari 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024.

Debat Pilpres 2024 berikutnya ialah debat cawapres yang akan berlangsung pada Minggu (21/1/2024) yang akan membahas energi, sumber daya alam (SDA), sumber daya manusia (SDM), pajak karbon, lingkungan hidup, agraria, dan masyarakat adat.

Baca Juga

Komentar