Pilihan

Mengenal Sosok Melan Achmad, 'Mbah Guru Matematika' Berusia 78 Tahun yang Viral di TikTok - Merdeka

 

Mengenal Sosok Melan Achmad, 'Mbah Guru Matematika' Berusia 78 Tahun yang Viral di TikTok

kisah inspiratif

Mengenal Sosok Melan Achmad, 'Mbah Guru Matematika' Berusia 78 Tahun yang Viral di TikTok

Terbaru, Mbah Melan menjadi sorotan usai hadir di kanal YouTube Deddy Corbuzier.

Publik baru-baru ini ramai memperbincangkan tentang sosok Melan Achmad.

Pasalnya, sosok yang lebih dikenal sebagai Mbah Guru Matematika ini tetap bersemangat mengajar meski usianya sudah tidak muda lagi. Melalui akun TikTok-nya @binaprestasiswa, Mbah Melan mengajar matematika praktis dengan dedikasi dan antusiasme yang tinggi.

Selain itu, Mbah Melan juga dikenal dengan ciri khas penampilannya saat mengajar yang selalu rapi dengan kemeja atau kain batik, serta papan tulisnya yang selalu tertata. Niat baik dan kegigihan Mbah Melan untuk mencerdaskan anak bangsa mendapatkan banyak komentar positif dari netizen di media sosialnya.

Berkat aksinya tersebut, Mbah Melan menjadi viral dan diundang ke berbagai acara podcast di YouTube, termasuk yang terbaru di YouTube Deddy Corbuzier.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut intip seputar informasi mengenai Melan AchmadMbah Guru Matematika yang viral di TikTok.

Kamu sudah membaca beberapa halaman, Berikut rekomendasi
berita untuk kamu.

 SWIPE UP

Untuk melanjutkan membaca.

Mbah Guru Matematika
Ini adalah sosok Mbah Melan Achmad, seorang pria tua yang lebih dikenal dengan nama Mbah Guru Matematika. Ia merupakan alumni PGSLB dan memulai karier mengajar Matematika di SMP Negeri 13 Purworejo pada tahun 1970 silam.

Ia terus menekuni pekerjaan mengajar formal dan les tambahan hingga pensiun pada tahun 2003 karena sudah mencapai batas usia. Tak lama setelah itu, dia kembali direkrut oleh salah satu sekolah kejuruan di Purworejo.

Pensiun pada 2018

Bertahun-tahun melakukan pengabdian di sana, akhirnya Mbah Melan pun memutuskan untuk berhenti pada tahun 2018. Pensiunnya menjadi latar belakang Mbah Guru menjadi viral seperti saat ini.


Berusia 78 Tahun

Ya, dia tetap aktif dalam berbagi tips dan trik seputar rumus matematika di akun TikTok pribadinya bernama binaprestasiswa. Meskipun berusia 78 tahun, ia tampak semangat mengajar para murid online-nya.


Pembelajaran Daring untuk SMP hingga calon CPNS

Mbah Melan menyediakan pembelajaran daring untuk berbagai tingkat pendidikan, mulai dari SMP, SMA, SMK, SNBT, hingga CPNS.

Dia mengadakan dua sesi live setiap hari, pertama dari pukul 16.00 hingga 17.30 WIB dan kedua dari pukul 19.30 hingga 21.00 WIB.


Dalam salah satu momen mengajar di kanal TikTok-nya, Mbah Melan menunjukkan tekadnya yang kuat untuk mencerdaskan anak bangsa, tidak pernah menyerah, dan selalu bersyukur atas kehadiran penonton yang turut serta dalam program belajarnya.

Tampil Rapi saat Mengajar

Meskipun hanya melalui layar, Mbah Melan tetap menjaga penampilannya yang rapi dan menggunakan papan tulis, seperti seorang guru di ruang kelas. Kehadirannya di TikTok berhasil menarik perhatian lebih dari 600 ribu pengikut.

Menariknya, Mbah Guru Matematika tidak meminta bayaran atas kegiatan mengajarnya di TikTok yang mendapat pujian dari banyak orang.

Kontennya sering muncul di FYP di TikTok, sosoknya pun mencuri perhatian publik. Terbaru, dia diundang sebagai tamu dalam acara podcast terkenal di Indonesia, yakni YouTube Deddy Corbuzier.

Dapat Julukan Kakek Penyelamat FYP dari Deddy Corbuzier

Di sana, Deddy pun menyematkan Mbah melan sebagai sebagai Si Kakek Penyelamat FYP Indonesia. Bukan tanpa alasan, Deddy Corbuzier berpendapat bahwa FYP Tiktok Indonesia tidak mendidik dan Mbah Melan pun memecahkan pandangan tersebut.


Terbitkan Buku Berjudul 'Matematika Praktis'

Tak hanya itu, Mbah Melan diketahui telah mendapatkan legalisasi hak cipta atas bukunya yang berjudul 'Matematika Praktis'. Selain itu, dia juga mendapat dukungan besar baik secara moral maupun finansial dari pengikut akunnya dan perusahaan percetakan buku.

Punya 14 Cucu

Namun, kebahagiaan sejati Mbah Guru tidak hanya terletak pada prestasinya sendiri, tetapi juga pada kesuksesan para muridnya serta pada kesuksesan keluarganya yang terdiri dari 5 anak, 14 cucu, dan 1 cicit di kampung halamannya.

imageRekomendasi
imageRekomendasi
imageRekomendasi
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.

 SWIPE UP

Untuk melanjutkan membaca.
imageRekomendasi
imageRekomendasi
imageRekomendasi
berita video VIDEO: Momen Tretan Muslim Malu Malu Kucing Dipanggil Gibran saat Bahas IKN

Cawapres Gibran Rakabuming Raka mengajak sejumlah influencer dan youtuber saat mendatangi Ibukota Nusantara (IKN).

Baca Selengkapnya
imageRekomendasi
viral 18 Tahun Terpisah, Momen Pertemuan Kakak Adik Ini Bikin Haru

Saking lamanya terpisah, sang adik sempat tak mengenali wajah kakaknya sendiri.

Baca Selengkapnya
imageRekomendasi
imageRekomendasi

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek