Pilihan

Satgas Infrastruktur IKN Sebut Kantor Pemerintah hingga Rumah Sakit Siap Beroperasi Jelang Upacara HUT RI - inews

 

Satgas Infrastruktur IKN Sebut Kantor Pemerintah hingga Rumah Sakit Siap Beroperasi Jelang Upacara HUT RI - Bagian All

JAKARTA, iNews.id - Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Nusantara (IKN) Kementerian PUPR, Danis Hidayat Sumadilaga menyebut ibu kota baru siap menggelar Upacara HUT ke-79 RI. Progres pembangunan IKN per akhir Juni ini sudah mencapai 78,9 persen.

Pembangunan tersebut terdiri atas sejumlah proyek yang masuk dalam lelang batch 1, di antaranya kantor pemerintahan hingga rumah sakit. Proyek-proyek tersebut telah siap beroperasi untuk mendukung kelancaraan Upacara HUT RI di IKN.

"Insyaallah IKN siap untuk digunakan upacara HUT RI ke-79," ujar Danis kepada iNews.id, Jumat (28/6/2024).

Sejumlah kantor pemerintahan yang ditargetkan sudah rampung sebelum 17 Agustus seperti Istana Presiden, Kantor Sekretariat Presiden, Sekretariat Negara, hingga Kantor Kementerian Koordinator.

Kantor Kemenko 1 di IKN akan menjadi tempat singgah para petugas upacara HUT RI ibu kota baru. Kantor yang akan digunakan sebagai akomodasi petugas upacara adalah Tower 1 lantai 1-3 yang ditargetkan rampung pada 7 Juli 2024 yang terdiri atas 4 tower di mana setiap tower terdiri dari 6 lantai dan 1 lantai semi basement yang dilengkapi dengan lift panoramic.

Di samping itu, fasilitas kesehatan seperti rumah sakit yang sebelumnya dibangun oleh Kementerian Kesehatan dan PT Medikaloka Hermina Tbk juga akan siap mendukung penyelenggaraan HUT RI di IKN.

"Kantor dan Istana Presiden, Kantor Setpres, Setneg. RS Hermina dan RS Kemenkes juga sebagian sudah dapat berfungsi," katanya.

Selain itu, dalam rangka mendukung kehikmatan penyelenggaraan upacara kemerdekaan IKN beberapa pekerjaan konstruksi menjelang 17 Agustus juga akan dihentikan sementara.

"Ya ada rencana sebagian dihentikan (kegiatan konstruksi di IKN). Masih dibahas, tapi kira-kira beberapa hari sebelum 17 Agustus," ucapnya.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek