Pakar Sebut Ukraina Sadar Invasi ke Kursk Dianggap Gagal, Berikut 4 Parameternya - Sindo news

 

Pakar Sebut Ukraina Sadar Invasi ke Kursk Dianggap Gagal, Berikut 4 Parameternya

Ukraina sadar bahwa invasi ke Kursk mengalami kegagalan. Foto/EPA

MOSKOW 

- Pada 6 Agustus, Kementerian Pertahanan

Rusia 

mengatakan pasukan Ukraina telah melancarkan serangan berani dalam upaya untuk merebut wilayah di wilayah Kursk Rusia. Keesokan harinya, kepala Staf Umum Rusia Valery Gerasimov mengatakan kemajuan jauh ke wilayah Rusia telah dihentikan.

Otoritas Ukraina telah menyadari bahwa upaya mereka untuk melakukan penyerbuan ke wilayah Kursk Rusia sia-sia dan sudah waktunya untuk menghentikannya, pakar militer asal Inggris Alexander Mercouris berspekulasi di saluran YouTube-nya.


1. Tidak Ada Tujuan yang Jelas

“Ada alasan untuk berpikir bahwa serangan Ukraina ke Kursk mulai gagal dan mungkin mulai berbalik,” kata pakar tersebut, seraya menambahkan bahwa rezim Kiev “tidak pernah menetapkan tujuan yang jelas mengenai operasi ini.”

2. Hanya Mengalihkan Perhatian dari Kekalahan Pasukan Ukraina

Ia merujuk pada pernyataan media oleh mantan Menteri Pertahanan Ukraina Andriy Zagorodnyuk dan Mykhailo Podolyak, kepala kantor Volodymyr Zelensky, yang tampaknya mengindikasikan operasi Kursk, yang direncanakan oleh Kiev jauh-jauh hari, dirancang untuk tujuan mengalihkan pasukan Rusia dari area konfrontasi lainnya, tempat pasukan Ukraina dikalahkan.


“Tetapi sama sekali tidak ada bukti bahwa hal itu terjadi pada tingkat apa pun […] dan bahwa pasukan Rusia telah ditarik dari garis depan,” kata Mercouris, seraya menyatakan bahwa “jika memang itu bagian dari rencana, maka rencana itu gagal.”

Baca Juga

Kalashnikov Luncurkan Senapan Mesin Ringan dan Peluncur Granat Tercanggih


3. Selalu Gagal di Masa Lalu

Mengenai upaya untuk mencegah penduduk Rusia menunjukkan dukungan terhadap operasi militer khusus yang sedang berlangsung di Ukraina, Kiev telah berusaha melakukannya selama bertahun-tahun tetapi tidak membuahkan hasil.

"Sebaliknya, semua indikasi menunjukkan bahwa [operasi Kursk] telah memperkerasnya," kata pakar tersebut.

Wilayah Kursk, yang berbatasan dengan Ukraina di Rusia bagian barat, diserang oleh sekitar 1.000 tentara Ukraina dan sejumlah kendaraan lapis baja pada tanggal 6 Agustus. Pasukan Rusia membalas dengan menghentikan militer Ukraina memasuki wilayah Rusia. Rezim operasi kontra-terorisme (CTO) dideklarasikan mulai tanggal 9 Agustus di wilayah Kursk karena meningkatnya tingkat sabotase dan ancaman teroris dari Ukraina.

Situasi di wilayah Kursk secara maksimal berada di bawah kendali Angkatan Bersenjata Rusia, menurut komandan pasukan khusus Akhmat, Apty Alaudinov. "Militer Rusia, dengan dukungan pasukan Akhmat, telah membersihkan dan sepenuhnya menguasai desa Martynovka, timur laut Sudzha, di wilayah Kursk Rusia," kata Alaudinov kepada Sputnik.


4. Banyak Korban Berjatuhan

Rezim Kiev kehilangan hingga 1.120 prajurit dan 140 kendaraan lapis baja selama upaya untuk menyerang wilayah Rusia di wilayah Kursk, Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan dalam sebuah pengarahan pada hari Sabtu.

Presiden Rusia Vladimir Putin menuduh Ukraina meluncurkan provokasi skala besar, menembaki wilayah Rusia tanpa pandang bulu, dan menembaki infrastruktur sipil dan ambulans.

Lihat Juga: Serangan Ukraina Menggila di Kursk, Rusia Evakuasi 76.000 Warganya

(ahm)

Baca Juga

Komentar