Dunia Hewan: Spesies Baru Nyamuk Raksasa Ditemukan di Kamboja - national Gepgraphic

 

Dunia Hewan: Spesies Baru Nyamuk Raksasa Ditemukan di Kamboja

By Ricky Jenihansen
nationalgeographic.grid.id
Mereka sering dijuluki nyamuk gajah karena ukurannya yang besar dan belalai yang bengkok.
Mereka sering dijuluki nyamuk gajah karena ukurannya yang besar dan belalai yang bengkok.

Nationalgeographic.co.id—Tim ilmuwan gabungan Prancis dan Kamboja melaporkan telah mengidentifikasi spesies baru nyamuk raksasa yang dijuluki nyamuk gajah. Spesies baru tersebut termasuk dalam genus Toxorhynchites.

Penemuan ini dilaporkan dalam sebuah makalah di Journal of Asia-Pacific Entomology dengan judul "Description of a new species of Toxorhynchites (Diptera: Culicidae) from Nepenthes pitchers in Cambodia.".

Toxorhynchites adalah satu-satunya genus dari suku nyamuk Toxorhynchitini. Ini terdiri dari 90 spesies yang dibagi menjadi empat subgenera: Afrorhynchus, Ankylorhynchus, Lynchiella dan Toxorhynchites.

Sementara subgenera pertama terbatas pada wilayah Afrotropis, Ankylorhynchus dan Lynchiella hadir di Dunia Baru dan Toxorhynchites terbatas pada Dunia Lama.

Anggota genusnya adalah nyamuk raksasa, dengan lebar sayap mencapai 1,2 cm. Mereka sering dijuluki nyamuk gajah karena ukurannya yang besar dan belalai yang bengkok.

Mereka biasanya sangat berwarna dengan tubuh ditutupi sisik berwarna metalik berwarna-warni.

"Kedua jenis kelamin memiliki belalai melengkung ke bawah yang besar dan fitofag, makan secara eksklusif pada nektar atau zat manis lainnya di siang hari," kata Pierre-Olivier Maquart, seorang peneliti di Unit Entomologi Medis dan Veteriner di Institut Pasteur du Cambodge, dan rekan-rekannya.

“Instar larva spesies Toxorhynchites adalah predator, terutama memakan larva spesies nyamuk lain, serta larva Chironomidae dan Tipulidae, nimfa capung, atau cacing air.”

Peneliti menjelaskan, karena kebiasaan makan larva mereka yang aneh, Toxorhynchites telah disarankan, sepanjang paruh kedua abad ke-20, untuk digunakan sebagai metode alternatif potensial untuk pengendalian vektor.

“Namun, praktik ini hanya menghasilkan sedikit hasil," katanya.

Pada tahun 2021, penulis mengumpulkan beberapa larva Toxorhynchites di dalam kantong tanaman karnivora Nepenthes smilesii selama survei yang dilakukan di Taman Nasional Veun Sai Siem Pang dan di Taman Nasional Kirirom di Kamboja.

Bagian-bagian tubuh Toxorhynchites domrey yang diperbesar.
Bagian-bagian tubuh Toxorhynchites domrey yang diperbesar.

“Tanaman karnivora Nepenthes smilesii tersebar luas di seluruh Semenanjung Indocina dan tercatat dari permukaan laut hingga 1.000 m di Kamboja, Laos, Thailand, dan Vietnam,” kata mereka.

“Ini adalah tanaman pyrophyte yang biasanya ditemukan di habitat basah musiman seperti sabana berpasir terbuka dan padang rumput.”

Setelah diselidiki, larva Toxorhynchites terbukti termasuk spesies baru yang diberi nama Toxorhynchites domrey.

“Setelah menyelidiki lokasi Nepenthes smilesii yang sebelumnya tidak tercatat di Taman Nasional Veun Sai Siem Pang di timur laut Kamboja, dan kandungan entomologis kantongnya, kami menemukan beberapa larva Toxorhynchites yang, ketika mencapai usia dewasa, tampaknya termasuk spesies baru,” kata para peneliti.

“Beberapa bulan kemudian, mengikuti prosedur yang sama, spesies yang sama dikumpulkan lagi di Taman Nasional Kirirom di Provinsi Kampong Speu, dalam spesies Nepenthes karnivora yang sama.”

"Nepenthes smilesii dan tanaman Nepenthes lainnya menggunakan pucuk daun yang dimodifikasi sebagai kendi untuk menarik, menenggelamkan, dan mencerna mangsa,” tambah mereka.

Karena air yang terkandung di dalam kendi ini tidak pernah mengering karena tanaman terus-menerus mengisi kembali cairan di dalam perangkap, ini merupakan sumber daya air yang berharga bagi banyak organisme yang mengandalkannya.

“Misalnya di Semenanjung Malaysia, ahli botani menyelidiki isi kantong Nepenthes, dan menunjukkan bahwa lebih dari 90% tanaman menampung setidaknya satu artropoda hidup yang berasosiasi, dan lebih dari 150 spesies ditemukan hidup di dalam kantong," mereka menjelaskan.

“Di antara arthropoda yang hidup di dalam kantong, tiga jenis hubungan yang berbeda dapat dibedakan."

Nepenthexen yang terutama terkait dengan habitat lain tetapi dapat hidup di dalam kantong secara oportunistik, Nepenthophiles yang sering ditemukan dalam kendi, tetapi tidak sepenuhnya bergantung pada tanaman pada tahap apa pun (yaitu kepiting, laba-laba) dan Nepenthobiont.

"Kategori terakhir mencakup organisme yang hanya mengandalkan habitat ini untuk perkembangannya," kata mereka.

“Beberapa spesies Culicidae termasuk dalam kategori ini. Kemungkinan besar Toxorhynchites domrey termasuk dalam kategori ini juga, karena larva sejauh ini hanya ditemukan di kantong Nepenthes smilesii.”

Baca Juga

Komentar