KNKT Imbau Orang Tua Tak Bawa Bayi Mudik Naik Motor - Beritasatu

 

KNKT Imbau Orang Tua Tak Bawa Bayi Mudik Naik Motor

Selasa, 11 April 2023 | 21:34 WIB
Ricki Harahap / FER
Ilustrasi pemudik motor.
Ilustrasi pemudik motor. (Antara)

Jakarta, Beritasatu.com - Komite Nasional Pengamat Transportasi (KNKT) mengimbau kepada pemudik yang menggunakan motor agar tidak membawa bayi ketika arus mudik lebaran mendatang.

Senior Investigator KNKT, Ahmad Wildan, mengatakan, pihaknya sering kali menjumpai pemudik motor yang membawa bayi. Atas dasar keselamatan, KNKT mengimbau agar tahun ini tidak terjadi lagi.

"Kalau pemilik motor ini hati-hati, jangan bawa banyak barang berlebihan. Kecepatannya dikendalikan. Bawa anggota keluarganya jangan banyak-banyak, jangan bawa bayi. Ini yang saya sering temukan, itu nanti kasihan mereka bisa dehidrasi," kata Wildan kepada wartawan di Gerbang Tol Kutanegara, Karawang, Jawa Barat, Selasa (11/4/2023).

Sementara itu bagi pemudik yang menggunakan bus, agar tidak membawa barang berlebih dan menaiki kendaraan yang melebihi kapasitas.

Wildan juga mengimbau agar tidak menduduki tempat istirahat sopir. Hal ini dinilainya bisa membahayakan.

"Tahun kemarin saya menemukan tempat istirahat pengemudi diduduki penumpang, ini bahaya. Tempat pengemudi itu memang untuk istirahat, jangan untuk penumpang. Itu bahaya itu bisa mencelakankan orang banyak," tutupnya.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Bagikan

Baca Juga

Komentar