Kaisar Jepang Perdana Kunjungi RI, Akan Bertemu Jokowi hingga ke Borobudur - detik

 

Kaisar Jepang Perdana Kunjungi RI, Akan Bertemu Jokowi hingga ke Borobudur

By Kanavino Ahmad Rizqo
detikcom
June 17, 2023
Kunjungan perdana Kaisar Jepang Hironomiya Naruhito bersama Permaisuri Masako ke Indonesia
Kunjungan perdana Kaisar Jepang Hironomiya Naruhito bersama Permaisuri Masako ke Indonesia
Jakarta -

Kaisar Jepang Hironomiya Naruhito bersama Permaisuri Masako melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia. Keduanya mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten, pada Sabtu sore ini.

Berdasarkan keterangan Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Sabtu (17/6/2023), Naruhito tiba di Bandara Soetta sekitar pukul 16.20 WIB tadi. Dalam kunjungannya ke Indonesia, Naruhito dijadwalkan akan melaksanakan sejumlah kegiatan, di antaranya bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Senin (19/6/2023).

Selain itu, Naruhito diagendakan mengunjungi sejumlah tempat lainnya, seperti Depo MRT Lebak Bulus, Stasiun Pompa Waduk Pluit, hingga mengunjungi Candi Borobudur di Jawa Tengah.

Mengutip siaran pers Kementerian Luar Negeri Jepang, Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida menyebut bahwa Indonesia telah lama mengundang Kaisar Jepang untuk berkunjung ke Indonesia. Salah satunya saat kunjungan Presiden Jokowi ke Tokyo, Jepang, pada Juli 2022.

"Saya yakin kunjungan ini akan semakin mempererat hubungan persahabatan dan juga kerja sama baik dengan Indonesia, dan saya merasakan kebahagiaan yang luar biasa bersama masyarakat Jepang," ucapnya.

Kunjungan ini merupakan kunjungan perdana Naruhito ke Indonesia sejak dinobatkan sebagai Kaisar Jepang ke-126 pada 2019. Naruhito bersama Permaisuri akan berada di Indonesia selama tujuh hari dan akan kembali bertolak ke Tokyo, Jepang, pada Jumat (23/6/2023).

Menyambut ketibaan Kaisar Jepang bersama Permaisuri yakni Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji, dan Duta Besar Indonesia untuk Jepang Heri Akhmadi.

Baca Juga

Komentar