Pilihan

#NewsFlash: Prediksi Euro: Spanyol vs Jerman 5 Juli 2024 - Bola.net - Google Berita

Qatar Jadi Mediator Israel dan Hamas, Perundingan Berjalan Alot - inews

Qatar Jadi Mediator Israel dan Hamas, Perundingan Berjalan Alot

By Muhammad Fida Ul Haq
inews.id
October 29, 2023
Konflik Israel dan Hamas sudah berlangsung tiga minggu
Konflik Israel dan Hamas sudah berlangsung tiga minggu

DOHA, iNews.id - Qatar menjadi mediator antara Israel dan Hamas untuk menurunkan eskalasi konflik di Gaza, Palestina. Negara yang dikenal dekat dengan Hamas ini menyebut perundingan berjalan alot dan belum menghasilkan kesepakatan penting.

Melansir dari Reuters, Minggu (29/10/2023), Qatar telah melakukan diplomasi di belakang layar selama lebih dari tiga minggu. Perwakilan Qatar berbicara dengan pejabat Hamas dan Israel untuk mendorong perdamaian dan menjamin pembebasan lebih dari 200 sandera yang ditahan Hamas di Gaza.

Mediasi Qatar pekan lalu menghasilkan pembebasan dua sandera Amerika, seorang ibu dan anak perempuan, serta dua perempuan lanjut usia Israel. Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan pada upaya untuk membebaskan para sandera akan terus berlanjut bahkan selama serangan darat di Gaza.

Sementara itu, Hamas mengatakan mereka hampir mencapai kesepakatan dengan Israel mengenai sandera, namun Israel menghentikan kemungkinan itu. Jubir Izzuddin Al Qassam, sayap organisasi Hamas, Abu Ubaida menyebut akan melepaskan semua sandera jika Israel menghentikan serangan dan melepaskan semua tahanan Palestina.

Data sementara, diduga ada 224 sandera ditangkap Hamas. Banyak di antaranya memiliki paspor asing dari 25 negara berbeda.

Israel telah mengebom dan menyerang Gaza selama tiga minggu terakhir dengan lebih intens dibandingkan sebelumnya. Otoritas kesehatan Palestina mengatakan serangan Israel telah menewaskan lebih dari 7.000 warga Palestina di Gaza yang dikuasai Hamas.

Qatar merupakan negara kecil yang kaya dalam bidang energi dan investasi. Banyak bantuan keuangan ke Gaza mengalir dari Qatar.

Negara itu memiliki tujuan kebijakan luar negeri yang ambisius dan memiliki jalur komunikasi langsung dengan Hamas. Organisasi pejuang Palestina itu diberi kantor politik di Doha . Beberapa tahun lalu, Qatar juga membantu menengahi gencatan senjata antara kelompok Islam tersebut dan Israel.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Follow Berita iNews di Google News

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek