Pilihan

Gangguan Mental ADHD Berpotensi Tingkatkan Risiko Diabetes Tipe 2 - Beritasatu

 

Gangguan Mental ADHD Berpotensi Tingkatkan Risiko Diabetes Tipe 2

Kamis, 28 Desember 2023 | 13:27 WIB
Penulis: Winda Destiana Putri | Editor: WDP
Fuji sering bekerja sama dengan sesama kreator konten lainnya, untuk menghasilkan konten yang lebih kreatif dan mendalam.
Fuji sering bekerja sama dengan sesama kreator konten lainnya, untuk menghasilkan konten yang lebih kreatif dan mendalam. (Instagram/Istimewa)

Jakarta, Beritasatu.com - Belum lama ini, Fujianti Utami atau yang dikenal Fuji mengungkapkan bahwa dirinya menderita gangguan mental Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD). Gangguan ini membuat selebgram ini mengalami kesulitan dalam mempertahankan fokus, mendengarkan, dan bahkan cenderung hiperaktif.

ADVERTISEMENT

Namun, apa yang mungkin kurang dikenal adalah bahwa penderita ADHD memiliki risiko lebih tinggi untuk mengembangkan diabetes tipe 2. Penelitian menunjukkan bahwa risiko ini dapat meningkat karena faktor-faktor seperti riwayat keluarga diabetes, gaya hidup yang tidak sehat, dan obesitas.

BERITASATU WA CHANNEL

Risiko terkena gula darah tinggi dan diabetes tipe 2 cenderung meningkat pada penderita ADHD. Hal ini dapat dijelaskan melalui hubungan antara stimulasi dopamin pada otak penderita ADHD dan pola makan yang tinggi karbohidrat serta gula.

ADVERTISEMENT

"Beberapa penderita ADHD menghadapi masalah berat badan karena kecenderungan mereka untuk makan berlebihan, bahkan dengan makanan yang sebenarnya tidak disukai. Sifat impulsif ini membuat mereka kesulitan merencanakan langkah-langkah kesehatan di masa depan, seperti makan seimbang, berolahraga, dan menjalani gaya hidup sehat," ujar Psikolog Roberto Olivardia, PhD, mengutip laman Additude Kamis (28/12/2023).

Menurut Olivardia, kesulitan penderita ADHD dalam merencanakan langkah-langkah kesehatan dapat menjadi faktor pemicu diabetes tipe 2. Mereka cenderung kurang memperhatikan aspek-aspek penting seperti pola makan yang sehat dan olahraga.

Berbagai penelitian juga mendukung temuan ini, menunjukkan adanya hubungan positif antara ADHD dan diabetes tipe 2 pada anak-anak, remaja, dan dewasa muda. 

Sebuah penelitian dari Swedia bahkan melaporkan bahwa orang dewasa dengan ADHD memiliki dua kali lebih besar kemungkinan untuk mengembangkan diabetes tipe 2 dibandingkan dengan mereka yang tidak mengidap ADHD. Jenis kelamin juga memainkan peran, dengan laki-laki ADHD memiliki potensi risiko yang lebih rendah dibandingkan dengan perempuan ADHD.

BACA JUGA

Dengan setidaknya 72% populasi ADHD memiliki kemungkinan lebih tinggi mengalami diabetes tipe 2, pengobatan menjadi sebuah tantangan tersendiri. Penderita perlu meningkatkan kewaspadaan ekstra dalam mengelola kondisi ini, termasuk mengadopsi gaya hidup sehat, pola makan yang seimbang, dan rutin berolahraga.

Dengan menyadari keterkaitan antara ADHD dan diabetes tipe 2, diharapkan upaya pencegahan dapat ditingkatkan dan pemahaman lebih lanjut dapat membantu penderita dalam mengelola kedua kondisi tersebut secara efektif.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek