Pilihan

Arab Saudi Diduga Ikut Jatuhkan Drone Iran yang Menyasar Israel, Teheran Mau Sabotase Normalisasi? - Halaman all - Tribunnews

 

Arab Saudi Diduga Ikut Jatuhkan Drone Iran yang Menyasar Israel, Teheran Mau Sabotase Normalisasi? - Halaman all - Tribunnews

Arab Saudi Diduga Ikut Jatuhkan Drone Iran yang Menyasar Israel, Anggota Kerajaan: Teheran Mau Sabotase Normalisasi

TRIBUNNEWS.COM - Seorang anggota keluarga kerajaan Arab Saudi yang tidak disebutkan namanya menyiratkan kalau negaranya ikut menjatuhkan drone-drone Iran yang melintas wilayah udara mereka, Minggu (14/4/2024), menurut laporan media Israel, KAN.

Iran melakukan serangan langsung ke Israel sebagai respons pemboman konsulat negara mereka di Damaskus, Suriah awal bulan ini.

Pihak Arab Saudi menyebut, benda asing di wilayah negaranya dijatuhkan karena merupakan prosedur tetap keamanan nasional.

Baca juga: Hari Al-Quds, Sekjen Hizbullah Sindir Negara Arab: Harusnya Malu Normalisasi Hubungan dengan Israel

“Kami menghadapi setiap benda mencurigakan yang memasuki wilayah udara Saudi. Ini adalah masalah kedaulatan,” kata narasumber tersebut mengacu pada dugaan peran Riyadh dalam menjatuhkan drone dan rudal Iran yang ditujukan ke Israel.

Kepada penyiar Israel Kan, sang narasumber juga menyebut Iran “merekayasa perang di Gaza” untuk melemahkan kemajuan yang dicapai negara kerajaan tersebut menuju normalisasi dengan negara pendudukan.

“Iran adalah negara yang mensponsori terorisme, dan hal ini seharusnya dihentikan sejak lama,” lapor Kan mengutip pernyataan pejabat tersebut dalam wawancara yang dilakukan kemarin.

Menurut laporan Wall Street Journal hari ini, Arab Saudi juga berbagi informasi intelijen dengan AS dan Israel untuk membantu melawan operasi Iran, yang diberi nama sandi Truthful Promise tersebut.

Baca juga: Janji Sejati, Judul Serangan Balasan Langsung Iran ke Israel: Tiga Gelombang Drone Sasar Target Ini

Serangan Iran ke Israel tersebut melibatkan ratusan drone dan rudal yang diluncurkan sebagai pembalasan atas serangan udara Israel terhadap konsulat Iran di Damaskus yang menewaskan beberapa diplomat dan pejabat, termasuk Mohammed Reza Zahedi, seorang komandan tertinggi Korps Garda Revolusi Islam (IRGC).

"UEA, yang menormalisasi hubungan dengan Israel pada tahun 2020, juga berbagi informasi intelijen," kata laporan itu.

Baca juga: Iran Pelototi UEA, Komandan AL Korps Garda Revolusi: Kehadiran Israel di Sana Adalah Ancaman

Mayoritas drone dan rudal dicegat di luar Israel, dan AS, Inggris, dan Yordania juga memainkan peran utama dalam menjatuhkan drone Iran yang menyasar wilayah entitas Zionis.

Baca juga: Dituding Ikut Bantu Israel, Ternyata Ini Alasan Yordania Jatuhkan Drone yang Diluncurkan Iran

Beberapa hari setelah operasi militer perlawanan Palestina, Hamas dalam serangan Banjir Al-Aqsa dan perang Israel selanjutnya yang terus berlanjut di Gaza, Arab Saudi mengumumkan kalau  mereka telah membekukan perundingan normalisasi dengan Israel.

Awal tahun ini, Presiden Israel Isaac Herzog mengatakan, membangun hubungan diplomatik dengan Arab Saudi sangat penting untuk mengakhiri perang di wilayah tersebut.

“Opsi Saudi.. adalah kunci kemampuan untuk keluar dari perang menuju cakrawala baru… Saya mendorong semua pihak yang sedang mendiskusikan opsi normalisasi dengan Arab Saudi. Saya percaya ini adalah sebuah terobosan dan hal ini sejalan dengan keberanian negara-negara seperti Mesir, Yordania dan negara-negara Perjanjian Abraham seperti Uni Emirat Arab, Kerajaan Maroko dan Kerajaan Bahrain,” katanya dalam pidatonya di hadapan para pemimpin negara. Forum Ekonomi Dunia di Davos.

Negara Palestina Syarat Utama Normalisasi

Sebelumnya, Arab Saudi menekankan kalau jalan menuju normalisasi dengan Israel, membutuhkan berdirinya negara Palestina.

Menurut laporan, Israel sebelumnya telah menolak tawaran normalisasi oleh AS dan Arab Saudi mengenai pembentukan Negara Palestina.

Dalam wawancara dengan NBC di Forum Ekonomi Dunia di Davos pada 19 Januari, Menteri Luar Negeri Arab Saudi Faisal bin Farhan Al-Saud memaparkan syarat yang diperlukan untuk melanjutkan rencana Saudi untuk melakukan normalisasi hubungan dengan Israel.

Menlu Saudi mengatakan bahwa “satu-satunya cara kita dapat mengatasi dampak yang terjadi di Gaza secara kredibel adalah jika kita mengatasinya dalam konteks situasi Palestina secara keseluruhan, dan di sini yang kita perlukan adalah membicarakan tentang negara Palestina.”

“Apa yang kami rasakan sebagai kunci saat ini adalah menemukan jalan yang kredibel dan tidak dapat diubah menuju negara Palestina, dan menurut saya ‘tidak dapat diubah’ adalah hal yang perlu kami garis bawahi karena hal tersebut sudah kurang di masa lalu,” lanjutnya.

Baca juga: Pangeran Faisal: Negara Palestina Merdeka, Arab Saudi akan Akui Israel

“Saya pikir kami telah mengatakan sebelumnya bahwa kami siap untuk bergerak menuju hubungan diplomatik dengan Israel asalkan kami telah mengatasi masalah Palestina dan negara Palestina, dan hal tersebut akan tetap terjadi [...] sebuah jalur yang kredibel untuk mencapai hal tersebut sebelum kami dapat memastikannya atau melanjutkan semua masalah ini.”

Menlu Saudi mengatakan bahwa rencana pembentukan negara Palestina lebih penting saat ini, dan menambahkan bahwa hal ini tidak hanya untuk kepentingan kawasan tetapi juga untuk kepentingan komunitas global.

Ketika ditanya oleh reporter NBC Keir Simmons tentang apa yang perlu dilakukan Arab Saudi untuk melanjutkan normalisasi di masa depan setelah krisis di Gaza selesai, Al-Saud menekankan bahwa apa yang terjadi di Gaza adalah bencana kemanusiaan dalam segala hal; 30.000 warga sipil telah tewas, dan kami terus melihat kematian, kehancuran dan penderitaan [pada] penduduk sipil di Gaza akibat mesin perang Israel [dan] juga karena kurangnya akses terhadap bantuan kemanusiaan.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menolak permintaan AS untuk mendirikan negara Palestina, dengan mengatakan bahwa serangan di Gaza akan terus berlanjut sampai kemenangan penuh diraih, yang berarti penarikan Hamas dan pembebasan semua tawanan Israel. Netanyahu mengatakan bahwa tujuan ini mungkin memerlukan waktu berbulan-bulan lagi.

Netanyahu juga dilaporkan menolak tawaran Mohammed bin Salman (MbS) dari Arab Saudi untuk menormalisasi hubungan.

MbS sempat menawarkan normalisasi hubungan dengan Israel dengan syarat Israel menyetujui pembentukan negara Palestina.

“Putra mahkota Saudi menawarkan untuk menormalisasi hubungan dengan Israel sebagai bagian dari perjanjian rekonstruksi Gaza – sebuah perkembangan diplomatik yang telah lama diupayakan Netanyahu – tetapi hanya jika pemimpin Israel setuju untuk memberikan jalan bagi Palestina untuk menjadi negara,” kata seorang pejabat AS kepada NBC.

“Netanyahu menolak tawaran itu… mengatakan kepada Blinken bahwa dia tidak siap membuat kesepakatan yang memungkinkan terbentuknya negara Palestina.”

Namun, laporan muncul pada awal bulan Januari bahwa Israel mengadakan pembicaraan rahasia dengan Gedung Putih untuk mempercepat normalisasi hubungan dengan Arab Saudi.

Laporan tersebut menyatakan bahwa jalur menuju normalisasi antara Israel dan Arab Saudi sangat menarik bagi AS karena dapat mencegah perang Gaza menyebar lebih jauh di wilayah tersebut, serta memberikan pandangan positif kepada Presiden AS Joe Biden sebelum pemilu diadakan.

(oln/Memo/TC/*)

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek