Pilihan

15 Oleh-oleh Khas Mojokerto Wajib Dibeli saat Pulang Liburan - inews

 

15 Oleh-oleh Khas Mojokerto Wajib Dibeli saat Pulang Liburan

jatim.inews.id
September 1, 2023
15 Oleh-oleh Khas Mojokerto Wajib Dibeli saat Pulang Liburan.
15 Oleh-oleh Khas Mojokerto Wajib Dibeli saat Pulang Liburan.

JAKARTA, iNews.id - Oleh-oleh khas Mojokerto ini bisa menjadi rekomendasi Anda saat pulang berlibur untuk buah tangan. Diketahui Mojokerto merupakan kota yang terletak di Jawa Timur dan memiliki banyak objek wisata.

Mojokerto berada di wilayah yang berbatasan langsung dengan Lamongan, ombang dan Kota Surabaya. Selain wisatanya, Oleh-oleh khas Mojokerto juga sangat beragam jenisnya, mulai dari oleh-oleh makanan, kerajinan, hingga sepatu.

Oleh-oleh Khas Mojokerto

1. Onde-onde

oleh-oleh khas Magelang, Onde-onde (Foto: iNews/Taufik Budi.
oleh-oleh khas Magelang, Onde-onde (Foto: iNews/Taufik Budi.

Oleh-oleh khas Magelang yang pertama adalah onde-onde, yang bahan utamanya terbuat dari tepung ketan, di dalamnya berisi kacang hijau. Onde-onde ini dibuat berbentuk bulat-bulat dan memiliki rasa yang gurih dan manis serta kenyal dari adonan ketannya.

Salah satu merek onde-onde yang paling terkenal di Mojokerto adalah Onde-onde Bu Liem yang berada di Jalan Empu Nala, Mojokerto.

2. Keripik Ketela

Oleh-oleh khas Mojokerto yang selanjutnya adalah keripik ketela. Sesuai dengan namanya keripik ketela ini berasal dari ubi jalar yaitu ketela singkong.

Dengan harganya yang terjangkau, kamu sudah bisa menikmati kerenyahan pada keripik ketela ini yang disukai oleh semua kalangan. Selain itu, keripik ketela ini memiliki rasa manis dan asin. Oleh-oleh khas Mojokerto ini sangat cocok untuk diberikan ke sanak saudara dirumah.

3. Botok Tempe

Oleh-oleh khas Mojokerto berikutnya adalah Botok Tempe. Botok tempe merupakan olahan makanan yang terbuat dari tempe, parutan ampas kelapa yang sudah diambil sarinya.

Selanjutnya akan diberikan beberapa bumbu dan dicampur dengan ikan teri serta pastinya tambahan tempe. Botok tempe ini sangat mudah ditemukan di Kota Mojokerto. Berbalut daun pisang sebagai pembungkusnya, membuat makanan lezat ini memiliki cita rasa yang menggugah selera makanmu.

4. Kerajinan Pahat Batu

Oleh-oleh khas Mojokerto selanjutnya adalah berupa kerajinan pahat batu. Kerajinan pahat batu ini merupakan salah satu oleh-oleh khas Mojokerto yang populer juga di kalangan wisatawan lokal atau mancanegara..

Biasanya kerajinan pahat batu ini masih dibuat secara manual, memiliki bentuk berupa pahatan patung arca Majapahit. Kerajinan pahat batu ini terdapat di Dusun Wringin, Desa Jatipasar, Kecamatan Trowulan.

Editor : Nani Suherni

Follow Berita iNewsJatim di Google News

5. Kerajinan Bambu

Oleh-oleh khas Mojokerto selanjutnya adalah kerajinan Bambu. Kerajinan Bambu ini diolah menjadi beberapa benda unik dan menggunakan kualitas bambu yang baik.

Hasil kerajinan bambu ini biasanya seperti kursi, keranjang, guci, meja, bahkan tas yang terbuat dari bambu. Salah satu oleh-oleh yang bisa kamu beli untuk dijadikan furniture ruangan.

6. Sinom

Oleh-oleh khas Mojokerto berikutnya adalah Sinom. Sinom ialah minuman tradisional yang terbuat dari daun asam muda dicampur dengan asam jawa, gula pasti serta kunyit. Sinom dibandrol dengan harga yang sekitar Rp8.000 per botol.

Minuman tradisional Sinom ini dipercaya memiliki banyak khasiat seperti memperlancar buang air besar, memperlancar peredaran darah, dan melangsingkan tubuh. Selain itu, Sinom juga cocok kamu minum untuk yang sering nyeri haid.

7. Sepatu Kulit

Mojokerto menjadi salah satu kota yang menghasilkan fashion item berkualitas, salah satunya adalah sepatu kulit.

Oleh karena itu, bagi kamu yang sedang kebingungan membawa pulang oleh-oleh bagi keluarga di rumah, kamu bisa membeli sepatu kulit satu ini untuk orang tua ataupun pasangan anda. Sepatu kulit Mojokerto ini bisa dibeli di dusun Setoyo yang berada di Balongmojo, Mojokerto.

8. Kerupuk Memble

Oleh-oleh khas Mojokerto berikutnya adalah kerupuk Memble. Kerupuk ini memiliki tekstur yang renyah dan berbentuk lonjong memanjang.

Kerupuk memble dapat kamu temui di pasar-pasar tradisional dan warung-warung yang terdapat di kota Mojokerto.

Adapun keunikan dari kerupuk memble ini dengan keripik lainnya, yaitu terletak pada proses penggorengannya. Kerupuk memble ini harus mengalami proses penggorengan sebanyak dua kali. Dengan menggunakan minyak bertemperatur berbeda, maka kerupuk ini dapat mengembang dengan sempurna.

9. Kerupuk Upil

Oleh-oleh khas Mojokerto berikutnya adalah kerupuk upil. Nama ‘upil’ di sini bukan berarti sebenarnya. Kerupuk upil ini diproses dengan cara digoreng menggunakan pasir, bukan minyak. Ada variasi warna seperti merah, putih dan kuning.

Rasa dari kerupuk upil ini adalah asin dan renyah. Ada pula rasa pedas yang biasa disandingkan bersama sambal petis.

10. Kerupuk Rambak

Oleh-oleh khas Mojokerto, Kerupuk Rambak
Oleh-oleh khas Mojokerto, Kerupuk Rambak

Oleh-oleh khas Mojokerto selanjutnya adalah kerupuk rambak. Kerupuk rambak merupakan makanan ringan yang yang terbuat dari kulit sapi yang sudah dikeringkan.

Kerupuk Rambak ini bisa kamu jadikan sebagai pelengkap bersama masakan lainnya, atau kamu bisa memakannya secara langsung. Kerupuk ini juga mudah dijumpai, karena banyak yang menjual kerupuk rambak ini di Mojokerto.

Editor : Nani Suherni

Follow Berita iNewsJatim di Google News

11. Sambel Wader

Oleh-oleh khas Mojokerto selanjutnya adalah Sambel Ikan wader, ini kerap tercantum dalam menu sambelan warung makan. Ikan Wader sendiri memiliki bentuk yang kecil, yang biasanya dimasak dengan cara digoreng.

Sambalnya sendiri terbuat dari bawang merah, bawang putih, cabai merah keriting, cabai rawit dan juga tomat.

Bahan-bahan tersebut diulek dan ditambahkan penyedap rasa agar terasa nikmat. Setelah itu disandingkan bersama ikan wader yang telah digoreng kemudian disajikan bersama lalapan.

12. Keciput Wijen

Keciput wijen adalah makanan ringan yang mungkin pernah kamu jumpai di beberapa kota. Keciput wijen ini adalah onde-onde dalam versi yang lebih mini. Keciput wijen memiliki tekstur yang lebih renyah dan tidak memiliki isian seperti halnya onde-onde.

13. Belalang Goreng Fatmawati

Belalang goreng khas Mojokerto ini bisa menjadi salah satu oleh-oleh yang anti-mainstream untuk kamu beli. Camilan belalang goreng Fatmawati ini merupakan makanan khas asal Dawarblandong Mojokerto.

Memiliki rasa yang gurih dan renyah sehingga membuat banyak orang ketagihan. Padahal harganya pun lumayan mahal, per kilogramnya mencapai Rp280.000.

Olahan kuliner unik belalang goreng Fatmawati ini sudah tembus ke berbagai daerah, termasuk pasar luar jawa yang dijual oleh pedagang camilan Dawarblandong secara online.

14. Pusat Oleh-oleh Arasa

Pusat oleh-oleh Arasa ini merupakan tempat yang pas untuk membeli segala macam oleh-oleh khas Mojokerto dengan cukup lengkap. Kamu bisa menemukan berbagai macam cemilan dan kudapan mulai dari aneka kerupuk, keripik hingga makanan basah seperti onde-onde.

15. Affan Al - Badri

Oleh-oleh khas Mojokerto yang terakhir, berupa produk sepatu kulit yang bisa didapatkan di Dusun Setoyo. Dusun tersebut menjadi pusat sentra pengrajin sepatu kulit.

Selain membeli sepatu kulit, kamu bisa melihat secara langsung proses pembuatan sepatu kulit ini mulai dari proses pemotongan, penjahitan hingga pengecatan.

Itulah oleh-oleh khas Mojokerto yang bisa menjadi pilihan ketika kamu berkunjung kesana saat liburan yang dikutip dari berbagai sumber.

Editor : Nani Suherni

Follow Berita iNewsJatim di Google News

Komentar

Opsi Media Informasi Group

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek